Memaksimalkan Marketing Online untuk Bisnis Anda

Pengusaha atau pebisnis selalu memikirkan marketing, merketing, dan marketing setiap harinya. Marketing adalah ujung tombak bisnis yang tidak bisa diremehkan. Kenapa harus marketing? Karena marketing lah yang membuat bisnis hidup. Tanpa marketing, bisnis tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, setiap perusahaan besar pasti akan merekrut banyak tenaga marketing setiap bulannya, untuk apa? Ya pastinya untuk terus menjalankan roda bisnis usaha mereka.
Semakin berkembanganya zaman, dunia marketing juga terus berkembang. Dulunya marketing hanya sebatas iklan, karyawan sales, dan brosur. Sekarang dunia marketing sudah merambah internet dan sosial media. Masyarakat saat ini bsia dikatakan hidup di dua dunia. Bukan dua dunia yang serem itu ya, tapi dunia offline dan dunia online. Jadi, sekarang masyarakat merasakan sensasi yang berbeda di dunia tersebut. Ketika ada masalah di dunia offline, maka mereka akan lari ke dunia online. Ketika dunia online ada masalah serupa, pindah lagi hidup di dunia offline. Begitu seterusnya. Nah, hubungannya apa dengan dunia marketing? Banyak banget..
Dengan berpindahnya dunia masyarakat saat ini, maka perhatian juga terbagi. Masyarakat sekarang lebih sering lihat social media, internet, berita online daripada beraktifitas aktif di dunia offline. Dunia sudah mulai bergeser. Jadi ada baiknya kita juga memikirkan bagaimana mengmabil perhatian mereka dari dunia online. Internet sendiri mulai trend di Indonesia sejak kemunculan facebook tahun 2005. Sejak itu, masyarakat jadi kecanduan internet. Akhirnya Facebook melihat peluang ini menjadi lahan bisnis. Facebook menyediakan space khusus untuk para pengiklan, dan sampai saat ini Facebook sudah penuh dengan bermacam-macam iklan di halamannya.
Sama juga dengan Google, setelah masyarakat lebih menggantungkan informasi kepada mesin pencarian Google, mereka mengembangkan hal tersebut pada advertising di setiap space yang tersedia. Ternyata hal ini sangat berhasil menarik konsumen baru . Banyak pelanggan-pelanggan yang datang dari Internet.
Sekarang, Banyak pengusaha yang memulai usahanya dari internet. Modal sedikit pun bisa mendirikan sebuah usaha. Berbeda ketika internet masih sepopuler sekarang, bikin usaha aja butuh modal gede, butuh tempat, kantor, karyawan. Sekarang tidak perlu lagi orang mau bikin usaha memikirkan syarat-syarat konvensional itu. Cukup dengan laptop dan internet, orang sudah bisa mendirikan usaha sendiri. Bahkan hanya dengan hp, bisnis bisa dijalankan. Penghasilannya jangan tanya, sudah banyak cerita pengusaha online yang melepas jabatannya di perusahaan demi terjun ke dunia bisnis online.
Sebenarnya marketing online itu sederhana, Anda hanya perlu ikuti trend sosial media. Temen-temen banyak yang pake Twitter, coba marketing pakai twitter. Kalau banyak yang beralih ke Instagram, coba jualan pakai intagram. Intinya disitu, ikuti trend. Kalau dulu trendnya adalah BBM (BlackBerry Mesenger), saya terpaksa haru beli BB baru demi menggaet pelanggan. Jangan fanatik ya. Biasanya ada aja yang fanatik pada suatu produk dan tidak mau pindah-pindah. Kita bisa ambil pelajaran bagaimana fanatisme Nokia pada symbian dan tidak merangkul android untuk sistemnya, akhirnya Nokia sudah PHK ribuan karyawannya karena hampir bangkrut dan tergerus dengan pendatang baru yang menggunakan android. Padahal kita tahu sendiri bahwa Nokia dulu adalah sang penguasa .
Melihat hal ini, tentunya akan sangat bagus bagi usaha Anda untuk sejenak memikirkan bagaimana membuat marketing online menjadi senjata baru dalam pemasaran. Saya tidak bisa menerka sampai kapan trend marketing online ini akan bertahan, tapi minimal selama 1 dasawarsa ini, meskipun trend teknologi sudah bergeser dengan cepat, internet masih saja tetap pada posisinya, yaitu merajai pasar.

Related Posts

Memaksimalkan Marketing Online untuk Bisnis Anda