memulai bisnis online

Part 1: Menentukan Bisnis Online yang Sesuai

Halo, sudah siap memulai bisnis online dari sekarang? Sudah siap sukses berkerja dari rumah? Sudah siap dengan segala tantangannya? Saya yakin pasti banyak yang optimis memulai bisnis sendiri. Dengan bisnis online, kita bisa lebih cepat memulai bisnis sendiri dan jadi direktur di perusahaan sendiri.

memulai bisnis online

Oke, Sekarang saya akan membahas apa yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis online. Pertama kali sebelum memulai bisnis online adalah kita harus menentukan apa yang sesuai dengan kita. Hal itu bisa kita lihat dari lingkungan dan kesenangan kita. Jadi sebenarnya ide untuk memulai sebuah bisnis online tidak perlu terlalu muluk-muluk, cukup melihat apa yang ada di sekitar kita. Cari apa yang paling banyak dibutuhkan orang. Kemudian apakah jenis bisnis tersebut sesuai dengan jiwa kita. Dengan kata lain, mulailah bisnis online pertama dengan hal yang paling kita sukai.

Kalau suka futsal, coba peluang di jual alat perlengkapan futsal. Suka makan, coba bisnis online yang berhubungan dengan makanan. Cari minat yang paling dekat dulu. Hal ini akan benar-benar memudahkan kita untuk terus berkerja dan selalu termotivasi setiap harinya. Karena dalam bisnis, kadang ada waktu dimana itu tidak sesuai dengan keinginan kita. Dengan berkerja sesuai kesenangan kita, masalah-masalah itu akan lebh terasa ringan dan tidak menjadi beban.

Facebook yang dimotori oleh Mark Zuckenberg dimulai dari hobby Mark yang senang coding bersama teman-temannya di Harvard University. Coding setiap siang dan malam bukanlah hal yang menyenangkan menurut saya, tapi lain dengan Mark yang seakan tidak bisa hidup tanpa coding. Pada akhirnya terbentuklah situs media sosial paling besar di dunia, Facebook.

mark zuckenberg

Saya sendiri memulai bisnis online dari bidang jasa desain grafis. Usaha di bidang jasa sebenarnya kalau dipikir agak susah. Tapi berhubung itu bidang saya, jadi selama 4 bulan dengan hasil yang pas-pasan pun saya tetap merasa enjoy. Lain halnya ketika saya mencoba bisnis kuliner saat masih menjadi mahasiswa. Pada bulan ke 3 sudah merasa bosan dan akhirnya memutuskan untuk berhenti usaha kuliner. Saya pikir-pikir lagi ternyata waktu itu usaha yang saya geluti bukanlah hal yang menjadi kesenangan saya.

Jadi ini sangat penting untuk menentukan apa calon usaha yang menjadi kesenangan kita. Mulai sekarang berilah kesempatan pada diri kita untuk sejenak berfikir apa yang sebenarnya menjadi hobby kita. Setelah itu mari kita tentukan ke arah mana bisnis online yang akan kita buat nantinya.

Related Posts

Part 1: Menentukan Bisnis Online yang Sesuai