Peluang Usaha Solo: CateringSolo.com

Mencari peluang usaha selalu menarik. Apalagi di kota Solo, kota yang sangat diminati oleh wisatawan karena budayanya. Saya sendiri membuat usaha di Solo selalu tertantang, karena orang Solo dikenal dengan gaya konsumtif, namun juga selektif terhadap produk brand baru. Nah gak ngerti kenapa tiba-tiba kepikiran langsung bikin usaha catering di Solo. Memang sebelumnya saya sudah mendirikan usaha jasa catering di Jember. Tapi bagi saya, Solo selalu berbeda.

Awal mula mendirikan usaha jasa Catering Solo, seperti biasa saya pikirkan dulu desain logo perusahaan masak-masak, karena pengalaman saya mengatakan bahwa logo mempengaruhi penjualan sebesar 15%, lumayan kan. Hehe. Saya membuat desain logonya dengan memasukkan karakter yang lucu, imut, dan punya aura ceria. Karena segmen pasar Catering Solo mayoritas anak muda yang kuliah dan kerja. Setelah beberapa lama memilah-milah konsep, jadilah logo Catering Solo yang imut-imut. Nama tetap CateringSolo.com, nama yang mudah diingat dan marketable.

Sembari menunggu desain website yang belum jadi, saya buat dulu desain brosurnya. Bagi saya ini untuk menghemat waktu juga. Karena cetak brosur lumayan lama juga. Saya cetak 1000 lembar saja dulu. Entar kalau kurang bisa nambah. Saya coba sebarkan ke beberapa titik di Solo. Tidak lupa juga di Facebook dan Twitter yang jadi tempat nongkrong anak muda. Setelah tersebar 100 lembar brosur, saya menunggu dulu di rumah sambil nyelesaikan desain website. Memang biasanya setelah promo, paling tidak 2 x 24 jam baru ada respon. Jadi santai dulu aja lah pikir saya.

Eh, ternyata dugaan saya meleset. Tidak sampai 2 x 24 jam sudah ada yang pesan dari daerah UMS dan UNS. Lha ini bagaimana? Kokinya aja belum siap. Akhirnya saya langsung hubungi koki untuk langsung take action. Lumayan, di hari pertama saja sudah 5 porsi catering yang diantar dan bertambah tiap harinya sampai sekarang. Alhamdulillah.

Melihat perkembangannya, sayaa sendiri sangat senang dengan Catering Solo ini karena berawal dari ide iseng, sekarang menjadi bisnis yang mendapat respon yang luar biasa di Solo. Dari perjalanan membangun bisnis ini, saya tetap merasakan betapa besarnya efek desain logo dan website pada sebuah usaha. Meskipun begitu, Catering Solo masih membutuhkan pengembangan-pengembangan di sisi manajemen dan fasilitasnya. Untuk itu saya membuka pintu kerjasama bagi siapapun yang senang berinvestasi untuk peluang bisnis Solo yang menjanjikan ini.

Salam sukses

Related Posts