wordpress

WordPress vs Blogspot, Mana Yang Terbaik?

Dalam dunia blogging, sudah banyak yang tahu tentang wordpress dan blogspot. Dua platform yang mengusung blog gratisan yang sangat populer di mata blogger. Tapi banyak yang bertanya tentang wordpress vs blogspot dan membandingkan antara dua platform ini. Mulai dari segi tampilan, kecepatan, SEO, dan kemudahan penggunaannya. Saya akan sedikit membahas tentang kelebihan dan kekurangan wordpress dan blogspot ini.  Sebagai seorang blogger, dulu saya suka mencoba-coba sesuatu yang baru. Jadi setidaknya saya sedikit paham tentang wordpress dan blogspot ini.

Blogspot, Anak Emas Google

Ketika saya menggunakan blogspot pertama kali, yang saya rasakan adalah kemudahan untuk memulainya. Tanpa banyak syarat. Hanya butuh alamat email, saya bisa membuat blog pribadi saya. Apalagi blogspot terintegrasi langsung dengan layanan Google, jadi ketika kita sudah punya akun Google atau Gmail, maka pendaftaran cukup klik next saja dan blog kita sudah siap tayang.

blogspot

Kemudian blogspot juga sangat ringan menurut saya, setiap kali posting, jarang sekali ada gangguan dari server. Semua lancar dan tidak ada kendala. Ini yang mungkin menjadikan blogspot sebagai blog gratisan yang paling populer di seluruh dunia. Kecepatan aksesnya.

Blogspot juga sangat SEO friendly. Ketika kita sudah membuat blog dengan blogspot, kita sudah diberikan tiket SEO 10%. Blogspot jadi anak emas Google, itu kata beberapa pemain internet marketing. Memang Google memberikan kredit khusus untuk blogspot dalam kemudahan pencarian di search engine. Apalagi ada yang menjadikan blogspot ini istimewa, yaitu Google adsense yang tersemat di dalamnya. Inilah yang menjadikan blogspot sangat populer di pencari dolar internet.

Dari segi desain pun, blogspot sudah sangat berkembang. Berbeda dengan ketika pertama kali saya menggunakan blogspot. Template yang tersedia terbatas, dan hampir semuanya kaku menurut saya. Sekarang blogspot sudah banyak berbenah dari segi tampilan. Tidak hanya itu, blogspot juga responsif dilihat dari mobile.

Namun ada beberapa yang menurut saya masih banyak menjadi alasan kenapa orang-orang tidak memakai blogspot. Yaitu masalah koding yang bagi orang awam bukan hal yang menyenangkan. Apalagi jika ingin menambahkan sesuatu yang sesuai dengan keinginan kita. Ini berlaku juga ketika blogspot digunakan untuk website resmi atau diganti dengan domain dot com. Blogspot tidak menawarkan peningkatan apapun kecuali nama domain yang berubah dari blogspot dot com menjadi hanya dot com. Padahal, ketika kita sudah upgrade dari blog menajdi website, maka beberapa hal harus kita rubah seperti tampilan, kolom komentar, ataupun hal-hal lain yang sekiranya membedakan antara blog dengan website.

WordPress, Untuk Penulis Sejati

Platform ini tidak berbeda dengan blogspot yang memberikan layanan blog gratis. Interfacenya juga sama, jadi ada posting artikel, tag, dan pengelolaan komentar. WordPress ini juga mempunyai komunitas blogger yang luar biasa besar. Karena wordpress selain gratisan juga ada yang versi berbayar. Disini saya berbicara bukan wordpress yang berbayar ya. Tapi yang gratisan dulu, karena berbeda jauh fitur-fitur yang gratis dengan berbayar.

wordpress

Untuk memulai blogging di wordpress, kita perlu mengisi pendaftaran terlebih dahulu, kemudian aktivasi via email, dan jadilah blog kita. Mudah sekali untuk memulai ngeblog di wordpress. Apalagi yang sudah pegang blogspot, pasti tidak akan terlalu kesulitan memulai blogging dengan wordpress. Mungkin hanya penyesuaian sedikit saja.

Dari segi akses, wordpress sangat ringan. Dilihat dari versi dekstop dan mobile, keduanya sama-sama ringan. Tapi mungkin masalah akses dari mesin pencarian, WordPress masih kalah dengan blogspot yang memang anak emasnya Google. WordPress menurut saya tidak mampu menyentuh SEO sebaik Blogspot. Karena koding wordpress gratisan tidak terlalu bisa diotak-otik seperti Google. Tapi wordpress mampu tampil baik secara SEO di sisi posting. Postingan saya yang saya masukkan di wordpress mampu menembus Google lebih cepat daripada blogspot. Tapi untuk SEO website secara keseluruhan, blogspot menang. Untuk itu, saya sarankan kalau ingin membuat blog via blogspot tentang memasak. langsung cari nama domain yang sesuai dengan keyword yang dikejar. Misal “caramemasakpraktis.blogspot.com” atau tentang jasa desain logo dengan domain “jasadesainlogomurahnet.blogspot.com.

Pengelolaan menu dan halaman sangat mudah, dan bisa saya bilang lebih mudah wordpress daripada blogspot. Karena biasanya blogspot untuk menampilkan menu harus meletakkan kode-kode tertentu di dalamnya. Kemudian tagging juga mudah,  dalam hal ini sama baiknya dengan blogspot.

Dari segi tampilan sangat bagus dan sudah sesuai jaman kalau menurut saya. Tapi ada yang menjadi kekurangan wordpress gratisan, template tidak mudah kita rubah seperti blogspot. Itu saja yang masih menjadi kelemahan wordpress gratis.

Secara garis besar, blogspot sangat baik digunakan untuk para internet marketer ataupun pemula yang ingin meraup dollar dari internet. Karena selain SEO friendly, blogspot juga disediakan Google Adsense yang bisa menjadi penghasilan tambahan buat kita. Lumayan kan, setiap hari nulis artikel, tau-tau udah dapat bayaran dari Google. Berbeda dengan wordpress, kalau menurut saya wordpress yang versi gratis sangat terbatas. Tapi sudah sangat mumpuni untuk yang hobi menulis tanpa ada embel-embel mencari uang. Karena wordpress masih sulit untuk dipasang adsense dan tidak sebagus blogspot di Google.

Jadi itu beberapa kekurangan dan kelebihan wordpress dan blogspot. Selanjutnya silahkan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Saya sarankan pakailah kedua-duanya agar saling melengkapi.

Penulis: Baitul Ulum

Related Posts

Wordpress vs Blogspot, Mana Yang Terbaik?